Apakah Sholat Jumat Wajib Atas Pengembala Domba? (Silsilah Fatawa Fiqih Jum’at)

Fadhilatus syaikh Al-‘Utsaimin  رحمه اللّهُ تعالى :

PERTANYAAN :

Kami tinggal di sebuah desa, dan didapati di tempat kami para pengembala domba yang pulang pergi jika gembalaan mereka berjarak 5-10km, dan telah terjadi beberapa permasalahan antara pemilik domba dengan mereka, dan yang demikian itu terjadi karena para pekerja menghendaki mereka bisa menunaikan sholat jumat, sedangkan pemilik domba melarang mereka melakukan itu dengan sebab ketakutan mereka atas domba-domba mereka dicuri atau hilang, dan mereka mengatakan: bahwa shalat jumat tidak wajib atas kalian dalam kondisi seperti ini. Maka berikan aku faedah semoga Allah memberikan taufiq kepadamu dalam masalah ini, apakah para pekerja harus menerima keputusan tidak wajibnya sholat jumat bagi mereka? Atau kami memanggil para pemilik domba untuk memberikan ijin bagi mereka agar dapat menunaikan sholat jumat?

JAWABAN :

Jika ketakutan tersebut nyata adanya, dan mereka mengkhawatirkan jika mereka para pengembala apabila pergi meninggalkan domba menjadi hilang, atau dicuri, maka tidak mengapa bagi mereka untuk tetap (menjaga) domba-domba mereka, dan mereka menunaikan sholat dhuhur sebagai pengganti dari sholat jumat.

Akan tetapi yang lebih baik dari itu ialah agar bermusyawarah dengan para pemilik domba agar mereka mengambil pengganti bagi mereka para gembala, sehingga dikatakan misalkan: jika mereka berdua dikatakan: satu orang jumat sekarang, sedangkan yang kedua menunaikan jumat lainnya; karena sebagian para pekerja ingin sekali menunaikan sholat jumat; untuk menunaikan sholat jumat, dan menghadiri jamaah kaum muslimin, dan mereka memiliki kerabat-kerabat dari para pekerja lain yang menghadiri sholat jumat sehingga mereka ingin sekali berbincang-bincang dengan mereka.

Maka demi mengkompromikan di antara dua kemaslahatan kami katakan :

Yang afdhol dan lebih utama agar kalian mengambil para pengganti sehingga ini masuk pada jumat (sekarang), dan yang ini masuk pada jumat lainnya sehingga bisa menghasilkan kebaikan, dan Allah ta’ala sangat cinta kepada para hamba-Nya untuk sebagian mereka memudahkan sebagian lainnya.

Silsilah Al-Liqo As-Syahri > Al-Liqo As-Syahri [32].

Audio dapat didengar di : http://zadgroup.net/bnothemen/upload/ftawamp3/mm_032_09.mp3

Alih Bahasa : Muhammad Sholehuddin Abu ‘Abduh  عَــفَـــــا اللّٰـــــــــهُ عَــنْـــــهُ.
Text Arabic, bisa dilihat di : Apakah Sholat Jumat Wajib Atas Pengembala Domba? (Arabic)
[WA Ahlus Sunnah Karawang]

Dinukil dari: http://ahlussunnahkarawang.com/?p=2692