KEBIASAAN YANG DILAKUKAN PARA PEGAWAI (KARYAWAN) YANG MENGAKHIRKAN SHOLAT ZHUHUR DAN ‘ASHAR HINGGA MASUK WAKTU MALAM

❓Pertanyaan: Banyak para karyawan yang mengakhirkan sholat Zhuhur dan ‘Ashar hingga malam. Mereka beralasan dengan kesibukan mereka di tempat pekerjaan, atau pakaian yang najis dan kotor. Lalu bagaimana memberikan arahan kepada mereka?

✅ Jawaban:

❌☑Seorang muslim atau muslimah tidak boleh mengakhirkan sholatnya sampai waktunya terlewat. Bahkan wajib atas setiap muslim dan muslimah untuk melaksanakan sholat pada waktunya dengan mengerahkan segenap kemampuanya.

⏩🚫 Pekerjaan bukanlah alasan yang diperbolehkan oleh syariat untuk mengakhirkan sholat. Demikian pula pakaian yang kotor atau najis. Semua itu bukanlah udzur yang di bolehkan dalam syariat.

🔎⏰ Waktu – waktu sholat harus lebih diperhatikan daripada pekerjaan. Seorang pekerja wajib mencuci pakaianya dari najis agar dapat sholat pada waktunya. Atau ia bisa mengganti dengan pakaian yang suci.

💥 Adapun pakaian yang terkena kotoran yang bukan najis, maka hal itu tidak menghalangi sholat dengan menggunakan pakaian tersebut, kecuali pakaian tersebut termasuk najis atau memiliki bau yang tidak sedap, sehingga dapat mengganggu orang lain yang sedang sholat. Ketika itu maka seorang muslim harus mencuci pakaianya terlebih dahulu sebelum sholat,atau menggantinya dengan pakaian yang bersih dan suci,sehingga ia dapat sholat berjamaah.

✈🚦 Orang yang memiliki udzur: Seperti sakit atau dalam perjalanan, ia boleh menjama’ (menggabungkan) sholat zhuhur dengan ‘ashar di salah satu waktu keduanya. Ia pun boleh menjama’ sholat magrib dan isya’ di salah satu waktu keduanya. Hal ini sebagaimana yang shohih dari sunnah Nabi.

🌟 Demikian pula dibolehkan menjama’ sholat ketika terjadi hujan dan banyak lumpur sehingga memberatkan orang-orang (untuk datang lagi ke masjid).

👍 Wallohu a’lamu bish showab.

📚Fatawa Muhimmah Tata’allaqu bish-Shalah asy-Syaikh Ibnu Baaz pada pertanyaan ke-13 hlm. 13 -14.

📝 Alih Bahasa: Abu Utbah Miqdad hafizhahullah.

🌎 WA Forum Riyadhul Jannah Wonogiri.

📗👍📕👍📘

♨ Ittiba’us Sunnah

Dinukil dari: Group Whatsapp Ittiba’us Sunnah