Tentang Gaji Syubhat

Tanya:

Assalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Ustadz Dzulqarnain yang di Rahmati Allah, Ana memiliki pertanyaan yang mengganjal di hati akhir2 ini & Ana sangat membutuhkan jawabannya.

Bagaimanakah hukum bekerja di tempat yang terdapat maksiat (game center)? Ana bekerja sebagai teknisi di sana, pekerjaan ana tidak sepenuhnya mengurusi game tapi juga merawat dan memperbaiki komputer.

Ana sudah bertekad bulat untuk keluar dari tempat tersebut, karena terus terang ana merasa berdosa besar karena telah menyediakan game kepada pelanggan (kebanyakan muslim) yang hampir semuanya melalaikan sholat karenanya.Sedangkan dalam game itu sendiri ana tahu terdapat pornografi yang di mata orang sekarang adalah hal biasa (misalnya tokoh karakter game berujud wanita 3dimensi dengan aurat terbuka di paha, memakai pakaian ketat dengan dada menonjol dll)

Bagaimanakah hukumnya gaji yang ana dapatkan selama ini?? Apakah halal tetapi ana tetap mendapatkan dosa karena game tersebut, ataukah haram karena ana sama saja dengan menyuguhkan kemaksiatan? ?

Sebenarnya Ana ingin membagi 2 antara yang halal (pekerjaan dimana merawat & memperbaiki komputer) dan sebagiannya yang syubhat/haram (mengistall/ menyuguhkan game). Agar yang halal bisa ana gunakan untuk modal usaha karena terus terang cari kerja sangat2 susah.

Namun Ana mendapati 2 ayat Qur’an dalam Surat Yunus yang berbunyi :

“Katakanlah: Terangkanlah kepadaku tentang rezki yang diturunkan Allah kepadamu, lalu kamu jadikan sebagiannya haram dan (sebagiannya) halal. Katakanlah: Apakah Allah telah memberikan izin kepadamu (tentang ini) atau kamu mengada-adakan saja terhadap Allah? (QS. 10:59)

Apakah dugaan orang-orang yang mengada-adakan kebohongan terhadap Allah pada hari kiamat? Sesungguhnya Allah benar-benar mempunyai karunia (yang dilimpahkan) atas manusia, tetapi kebanyakan mereka tidak mensyukuri(nya) . (QS. 10:60)”

Ana jadi semakin bingung dan ragu baik kah kalau ana mempergunakan gaji tersebut untuk usaha, ataukah memang gaji ana halal dan harus disyukuri??

Ana memohon petunjuk kepada Allah, kemudian kepada Ustadz yang memahami fiqih untuk membantu menyelesaikan masalah ini.

Jazakallahu Khairon Katsiron

Wassalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh

From: KYT de Ufo <green_skin347@…>
Subject: [nashihah] Pertanyaan tentang Gaji Syubhat
To: nashihah@yahoogroups.com
Date: Tuesday, 23 December, 2008, 7:49 AM

Dijawab Oleh:

Al Ustadz Dzulqornain bin Muhammad Sanusi

wa’alaikumussalam warahmatullah wabarakatuhu
Syaikh Allamah Ubaid Al Jabiri hafizhahullah menjawab :
Insya Allah gaji anda tidak mengapa, sebab anda tidak terlibat secara langsung dalam hal tersebut (yaitu sebagai teknisi komputer). Sebaiknya anda berusaha mencari pekerjaan lain yang lebih baik.

wabillahit-taufiq.

Dinukil dari: http://groups.yahoo.com/group/nashihah/message/61